Anak Muda Sulut Diminta Teladani Rasa Nasionalisme Robert Wolter Monginsidi

by -1,455 views

Manado,Pacificnews.id-.Robert Wolter Mongisidi adalah pahlawan besar dalam catatan sejarah sebelum dan pasca kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Sulut Ferry Sangian, Senin (5/9/2022), saat kegiatan peringatan 73 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Mongisidi (Bote).
“Robert Wolter Mongisidi adalah pemimpin besar, sosok yang disegani, dan berpengaruh dalam sejarah bangsa Indonesia sebelum dan pasca kemerdekaan. Dengan keberanian dan kepintaran yang dimiliki, Robert Wolter Mongisidi memimpin pertempuran melawan penjajah Belanda. Perjuangan dan pengorbanan terus dilakukan dengan satu tujuan, yakni; mengusir penjajah dari tanah air tercinta,” kata Sangian.
Kaban Kesbangpol Sulut melanjutkan, luar biasanya, meskipun telah divonis hukuman mati, akan tetapi tidak bisa membungkam Bote untuk terus menyuarakan spirit perjuangan lewat tulisan. Ada banyak tulisan/puisi karya Bote yang menjadi inspirasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Beberapa tulisan inspirasi yang harus selalu diingat dan diaktualisasikan dalam kehidupan saat ini, antara lain;
‘Jangan berhenti mengumpulkan pengetahuan agar kepercayaan pada diri sendiri tetap ada dan juga dengan kepercayaan teguh pada Tuhan, janganlah tinggalkan kasih Tuhan yang mengatasi segala-galanya’.
“Dalam konteks tersebut, marilah kita maknai momentum ini sekaligus merasakan betapa pentingnya perjuangan Bote dalam mengusir penjajah. Mari kita aktualisasikan spirit juang, nasionalisme, intelektual Bote dalam karya hidup. Pererat tali persaudaraan dan kebersamaan sesama anak bangsa, serta memberikan kontribusi positif dalam semua dimensi pembangunan menuju Sulawesi Utara yang maju sebagai pintu gerbang Asia Pacifik,” kata Sangian.
Gubernur Sulut juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terkait dalam mensukseskan kegiatan peringatan 73 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Mongisidi.
(***/stvn)

Baca juga:  Steven Kandouw Lantik PJ Sekda Bolmut yang Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.