DPD RI dan Pemprov Sulut Bahas Kondisi KEK Bitung Minut

by -1,250 views

Jalannya pertemuan DPD RI dan Pemprov Sulut 

Manado,Pacificnews.id-.Dibawah kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Prof DR (Hc) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O.E Kandouw (OD-SK), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut terus menggenjot pembangunan diberbagai sektor di Sulut guna kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat.
Kepala Bappeda Provinsi Sulut, Elvira M. Katuuk dalam sambutan dikegiatan kunjungan kerja rombongan Komite II DPD RI yang berlangsung di Ruang CJ Rantung Lantor Gubernur di Manado, Senin 6 November 2023, mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan kerja dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Sulut sebagaimana eksitensi Sulut sebagai pintu gerbang pasifik.
Dalam kesempatan itu juga melalui sambutan Ketua Komite II DPD RI, Yoris Rawing mengungkapkan terima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah memfasilitasi kegiatan penting ini. Sebagaimana tugas dari tim DPD RI melakukan adovokasi, meninjau langsung serta dialog terkait KEK.
“Sesuai aturan undang-undang melakukan pengawasan terhadap KEK, sudah sejauh mana fungsi dari KEK serta dampak KEK bagi perekonomian daerah,” terangnya.
Menurut Rawing, dari 20 KEK yang di Indonesia itu statusnya ada yang telah beroperasi optimal, belum optimal serta sudah ada yang dicabut.
“Apakah KEK Bitung itu masuk dalam kategori yang mana? Inilah yang akan dilihat tim nanti. Dimana kami dalam melaksanakan tugas pengawasan ini menadapat tanggungjawab mengunjungi 3 KEK dua di Sulut dan 1 di Jawa Barat,” ungkapnya dengan menambahkan bahwa KEK Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut) termasuk super prioritas karena di dunia memiliki endemik.
“Hasil dari pengawasan ini akan dicatat menjadi laporan dan akan disampaikan kepada DPR untuk selanjutnya diatur dalam aturan perundang-undangan. Kegiatan ini sebagai bentuk DPD RI hadir dalam menjembatani kepentingan daerah, pemerintah pusat dan DPR. Kami berprinsip membangun daerah dengan langkah-langkah pengawasan untuk kepentingan daerah,” tandas Rawing yang juga didampingi anggota DPD RI Stefanus BAN Liow.
Adapun kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama stakeholeder terkait yang dihadiri sejumlah jajaran dari Pemerintah Kota Bitung beserta stakeholder dan dari perwakilan kementerian terkait, pihak terkait di KEK.
(*/stvn)

Baca juga:  ODSK Hadirkan Inovasi Radio Suara Kesehatan Sulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.