Istiadat dan Tradisi Unik Israel yang Mengagumkan

by -881 views
Foto : Tangkapan layar Kanal Youtube Berbagi Cerita

Pacificnews.id  – Israel mungkin adalah negara paling kontroversial meskipun populasi dan luas wilayahnya relatif kecil.

Israel adalah rumah bagi sebagian besar sejarah manusia dan merupakan salah satu negara yang paling kuat dan paling cepat berkembang.

Bagaimana rasanya hidup di negara ini?  Apa adat istiadat dan tradisi orang Yahudi?

Kemudian apa yang harus Anda hindari saat berkunjung ke sini?

Pacificnews.id melansir dari Kanal Youtube Berbagi Cerita pada tanggal 18 Juni 2023 menggambarkan Israel miliki Istiadat dan Tradisi unik Israel yang mengagumkan

Israel adalah sebuah negara di Asia Barat yang dikelilingi oleh Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, dan Mesir.

Selain itu, Israel juga dikelilingi oleh dua daerah otoritas nasional Palestina, yaitu Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia.

Israel memiliki mata uangnya sendiri, yaitu Shekel Israel, dan mata uang ini juga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Palestina, baik di Tepi Barat maupun di Jalur Gaza.

Satu Shekel setara dengan sekitar 45 rupiah.

Jadi, jika Anda berencana untuk pergi ke Israel dari Jakarta, tiket pesawatnya sekitar 7 juta rupiah untuk satu arah.

Bagi warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Israel, mereka memerlukan Visa.

Kota Tel Aviv hingga kini diakui oleh PBB dan negara-negara lain sebagai ibu kota Israel, meskipun pemerintah Israel kini berada di Yerusalem.

Baca juga:  Olly Dondokambey Narasumber Eurasian Economic Forum 2023

Uniknya, Israel sendiri tak menganggap Yerusalem sebagai ibu kota mereka.

Israel adalah salah satu negara berdaulat termuda di dunia, yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1948 setelah Perang Arab-Israel pada tahun yang sama.

Israel juga merupakan salah satu negara paling sukses dengan beberapa alasan tertentu.

Setelah orang Babilonia menaklukkan kerajaan Yehuda, sebagian orang Yahudi dideportasi ke perbudakan.

Orang Yahudi adalah minoritas di negara tempat mereka tinggal, dan ini memberi mereka dorongan untuk menonjol meskipun populasinya kecil.

Israel memiliki salah satu tentara terkuat di dunia, melampaui negara-negara dengan lebih banyak penduduk seperti Kanada, Spanyol, Vietnam, Thailand, Meksiko, atau Argentina.

Tentaranya termasuk di antara 20 tentara yang paling kuat di dunia.

Negara Israel diyakini memiliki antara 80 dan 410 hulu ledak nuklir dan rudal balistik antar benua dan menengah.

Mereka juga menonjol dalam desain dan pembuatan drone.

Jika Anda pergi ke Israel, Anda mungkin akan melihat orang-orang dengan senjata saat Anda berjalan di jalan-jalan Yerusalem atau pantai.

Jangan panik!  Kehadiran senjata adalah wajib militer, dan orang Israel biasa melakukan aktivitas sehari-hari sambil membawa senjata dan mengenakan pakaian militer.

Israel juga merupakan salah satu negara yang memiliki beragam adat istiadat dan tradisi yang kaya. Orang Yahudi, yang merupakan mayoritas penduduk di Israel, memiliki adat istiadat dan praktik keagamaan yang unik.

Baca juga:  Kunjungi Jepang, Steven Kandouw Paparkan Potensi Sulut

Beberapa tradisi yang terkenal adalah:

Shabbat: Shabbat adalah hari istirahat yang dijalankan setiap minggu mulai dari matahari terbenam Jumat hingga matahari terbenam Sabtu.

Selama Shabbat, kegiatan kerja dihentikan, dan orang Yahudi menghabiskan waktu bersama keluarga, berdoa, dan mematuhi aturan-aturan khusus.

Bar Mitzvah dan Bat Mitzvah: Bar Mitzvah adalah upacara yang menandai pria Yahudi mencapai usia dewasa pada usia 13 tahun, sedangkan Bat Mitzvah adalah upacara yang serupa untuk perempuan Yahudi pada usia 12 tahun.

Upacara ini melibatkan membaca dan menginterpretasikan Taurat di hadapan jemaah.

Paskah Yahudi (Passover): Paskah Yahudi adalah perayaan yang memperingati pembebasan orang Yahudi dari perbudakan di Mesir kuno.

Selama Paskah, keluarga Yahudi mengadakan Seder, makan malam yang terdiri dari makanan khusus dan ritual khusus.

Yom Kippur: Yom Kippur adalah hari paling suci dalam kalender Yahudi. Pada hari ini, orang Yahudi berpuasa dan berdoa untuk mendapatkan pengampunan dan penyucian dari dosa-dosa mereka.

Selain adat istiadat dan tradisi agama Yahudi, Israel juga memiliki keanekaragaman budaya yang dihasilkan dari imigrasi penduduk dari berbagai negara.

Anda dapat menemukan pengaruh budaya Timur Tengah, Eropa, Afrika Utara, dan Asia di berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk makanan, musik, tarian, dan seni.

Baca juga:  Perusahaan Yuime INC Jepang Kepincut SDM Sulut, Steven Kandouw: Ini Kabar Gembira

Namun, saat berkunjung ke Israel, ada beberapa hal yang perlu dihindari untuk menghormati budaya dan situasi politik di negara ini.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Hindari daerah-daerah yang dianggap berisiko: Beberapa daerah di sekitar perbatasan dengan Palestina, Suriah, dan Lebanon masih memiliki ketegangan politik dan keamanan.

Selalu periksa perkembangan terkini dan ikuti saran dari otoritas lokal atau konsulat negara Anda.

Hormati tempat-tempat suci: Israel adalah tempat suci bagi tiga agama besar: Yahudi, Kristen, dan Islam.

Ketika mengunjungi situs-situs agama, berpakaian sopan dan mengikuti aturan dan etika yang ditetapkan di tempat tersebut.

Sensitivitas politik: Israel adalah negara dengan situasi politik yang kompleks dan sensitif.

Jaga sikap yang netral dan hindari pembicaraan yang kontroversial atau politis, terutama ketika berbicara dengan penduduk setempat.

Hargai hari-hari suci Yahudi: Saat mengunjungi Israel, periksa kalender untuk mengetahui tanggal-tanggal penting dalam agama Yahudi.

Pada hari-hari tersebut, beberapa layanan dan kegiatan mungkin terbatas atau tidak tersedia.

Selain itu, selalu penting untuk melakukan riset sebelum pergi dan mengikuti saran dari otoritas lokal atau pemandu wisata yang berpengalaman.

Dengan memahami adat istiadat, tradisi, dan sensitivitas budaya, Anda dapat menghormati dan menghargai negara yang sedang Anda kunjungi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.