Kegiatan Adiwiyata yang Menginspirasi: Penanaman Pohon Pinang di SMPN 1 Kotamobagu

by -864 views
Foto Kolase Penanaman Pohon Pinang di SMPN 1 Kotamobagu

Pacificnews.id, Kotamobagu – Hari ini, kegiatan penilaian Adiwiyata Tingkat Kotamobagu, Empat orang tim penilai dari program Adiwiyata turut serta dalam kegiatan penanaman pohon pinang di SMPN 1 Kotamobagu., 20 Juni 2023

Kegiatan ini didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu bertujuan untuk mendorong kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan masyarakat.

Program Adiwiyata merupakan program nasional yang bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah dalam mengembangkan dan mengimplementasikan program pendidikan lingkungan hidup.

Dalam rangka menjaga keberlanjutan program ini, penilaian dilakukan secara periodik untuk mengevaluasi prestasi sekolah dalam menerapkan prinsip-prinsip Adiwiyata.

Baca juga:  Pria Paruh Baya di Kotamobagu Cabuli Anak Dibawah Umur Berulang Kali Sejak 2019

Tim penilai Adiwiyata terdiri dari unsur DLH Kotamobagu, Dinas Pendidikan, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Media Massa dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Mereka melakukan penilaian secara komprehensif terhadap berbagai aspek, seperti pengelolaan lingkungan, penghematan energi, pengelolaan air, kegiatan pengelolaan sampah, dan pengembangan kurikulum berbasis lingkungan hidup.

Amatan awak media dalam kegiatan penanaman pohon pinang di SMPN 1 Kotamobagu, para siswa bersama Kepala Sekolah dan Guru-guru berpartisipasi aktif dengan antusias.

Para siswa diberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan peran penting pohon dalam menjaga ekosistem.

Baca juga:  Ribuan Warga BMR Tumpah Ruah saat Jalan Sehat Bersama Steven Kandouw di Kotamobagu

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk nyata dari upaya sekolah dalam menjaga keindahan lingkungan sekitar.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Kotamobagu Ifdawan Dundo, S.Pd  mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari upaya sekolah melakukan penghijauan serta menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

“Dengan menanam pohon, kita terus mengedukasi dan mendorong kesadaran lingkungan sejak dini kepada para siswa. Penanaman pohon ini adalah salah satu langkah nyata yang dapat kita lakukan bersama untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta menambah penghijauan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Baca juga:  Tim Penilai Adiwiyata : Siswa SMPN I Kotamobagu Sukses Mengubah Botol Bekas Menjadi Kerajinan Unik dan Menawan

SMPN 1 Kotamobagu telah menjadi salah satu peserta sekolah Adiwiyata yang telah melaksanakan program-program Adiwiyata dari pembinaan tahap pertama dan kedua oleh tim penilai Adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup Kotamobagu

Dengan kegiatan yang melibatkan tim penilai Adiwiyata dan didampingi Dinas Lingkungan Hidup, SMPN 1 Kotamobagu semakin memperkuat posisinya sebagai sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi sekolah-sekolah lainnya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. (Dv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.