Kepincut Potensi Sulut, Perusahaan Cina Siap Direct Call ke Pelabuhan Bitung

by -1,029 views

Foto bersama usai rapat pematangan Direct Call Bitung-Cina

Manado,Pacificnews.id-.Pemerintah Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Prof DR (CH) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw mengupayakan terwujudnya Direct Call (pelayaran langsung) dari Pelabuhan Bitung.

Ini sebagai langkah strategis mempermudah proses ekspor dan impor barang, baik dari Sulut langsung ke tempat (negara) tujuan begitupun sebaliknya.

Pemprov Sulut bersama pihak terkait mengadakan rapat di ruangan FJ Tumbelaka Kantor Gubernur, Selasa (3/10/2023) untuk menindaklanjuti rencana Direct Call ini. Di antaranya yakni SITC, salah satu perusahaan pelayaran yang beroperasi di wilayah Asia Timur yang ruang lingkup kerjanya meliputi pengiriman kapal kontainer, pengiriman barang, kargo curah, dan lainnya.

Baca juga:  Warga Sulut Diimbau Waspada Masuki Musim Hujan

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Daniel Mewengkang yang memimpin jalannya rapat mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut berniat membuka kantor cabang di Bitung dan akan melakukan Direct Call dari China ke pelabuhan Bitung pada akhir Oktober mendatang. Pasalnya letak pelabuhan Bitung dinilai sangat strategis.

Pemprov pun memantapkan persiapan bersama stakeholder terkait agar rencana ini boleh terlaksana.

“Kita akan konsolidasikan supaya itu jalan secepatnya,” ucap Mewengkang.

Mewengkang melanjutkan, Direct Call merupakan keuntungan besar bagi pelaku usaha di Sulawesi Utara dalam hal ekspor dan impor. Dia menjelaskan komoditi yang akan di-ekspor, bisa langsung ke negara tujuan tanpa harus singgah ke pelabuhan-pelabuhan lain di Indonesia. Sehingga lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Begitupun dalam proses impor barang.

Baca juga:  Steven Kandouw Buka Musda REI Sulut

“Kalau langsung ke tujuan bisa menekan biaya ekspor, sehingga keuntungan tentu lebih tinggi buat kita,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kakanwil Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara, Erwin Situmorang. Menurutnya pelayaran langsung memberi banyak manfaat bagi masyarakat Sulawesi Utara.

“Ini bagus untuk masyarakat karena akan membuka pekerjaan, karena kalau adanya direct call investasi pasti akan masuk, kalau investasi masuk nanti akan membuka lapangan pekerjaan,” ucap Kakanwil.

Dirinya menegaskan pihak Kanwil Bea Cukai siap mendukung program Pemprov Sulawesi Utara untuk suksesnya Direct Call ini sesuai tupoksi.

Baca juga:  GAK Sulut Gelar Seminar Antikorupsi

“Bea cukai tugasnya mempermudah ekspor impornya dan mengawasi jangan sampai yang di impor atau ekspor itu nggak sesuai dengan aturan dari Pemerintah. Kita siapkan tenaga kerja kita, untuk mendukung semua proses ini,” tandasnya.
(*/stvn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.