Menuju Pilkada Sulut 2024, Siapa Jegal Siapa?

by -792 views

Foto ilustrasi

Manado,Pacificnews.id-.Pertarungan sesungguhnya antara para kandidat gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara untuk tahun 2024 belum terjadi. Namun, dari pantauan sudah banyak figur yang bermunculan dipermukaan sebagai ajang pemanasan.

Ditubuh PDIP konon santer terdengar dua nama, yakni Steven Kandouw dan Rita Tamuntuan yang bakal dicalonkan jika Olly Dondokambey habis menjabat Gubernur Sulut 2 periode.

Figur Rita Tamuntuan memang lagi naik daun karena istri Olly Dondokambey ini banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Rita Tamuntuan diketahui merupakan alumni Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sejak menjabat Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sudah banyak prestasi yang diraih ditingkat nasional. Diantaranya, pada tahun 2018 ini meraih Penghargaan Adhi Bhakti Pratama dan Adhi Bhakti Madya bagi 6 Kader PKK Provinsi Sulawesi Utara, Juara II “Kategori Pakaian Adat” Lomba Defile Parade Nusantara Tingkat Nasional, Pendirian PAUD Binaan PKK “PAUD WALANDA MARAMIS” dan Penghargaan “Kreasi Menu Aplikatif & Favorit Tim Juri” Lomba B2SA Tingkat Nasional.

Sosok Steven Kandouw pun dinilai layak maju sebagai kandidat Gubernur Sulut karena pria kelahiran Tondano Minahasa 5 September 1969 ini pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sulut dari tahun 2014 hingga 2015.

Pada September 2014 ia menjabat Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara setelah meraup suara terbanyak pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 yakni 33.649 suara.

Selain Pembangunan Jembatan Soekarno, prestasi Steven Kandouw yang saat ini berpasangan dengan Olly Dondokambey sudah sangat banyak dengan berbagai infrastruktur strategis kemudian dibangun di Bumi Nyiur Melambai ini yakni, Malalayang Beach Walk -Pasar Bersehati, Jalan Tol Manado-Bitung -KEK Pariwisata Likupang, Kawasan Industri Mongondow, KEK Industri Bitung, Bendungan Kuwil, perbaikan Bandara Internasional Sam Ratulangi, akses jalan luas ke area KEK Likupang, Rumah Sakit Daerah ODSK, Manado Outer Ring Road serta berbagai infrastruktur pendukung lainnya.

Ditubuh Partai Golkar ada nama Tetty Paruntu dan Elly Lasut. Tetty Paruntu sebagai Ketua DPD Golkar Sulut memang bakal kembali maju dalam perebutan kursi nomor 1 sulut karena dukungan partai.

Sedangkan Elly Lasut yang saat ini menjabat Ketua Demokrat Sulut dan Bupati Talaud merupakan mantan kader beringin sejak tahun 2000 hingga 2009.

Tetty Paruntu adalah Mantan Bupati Minahasa Selatan dua periode yang memulai karir politiknya saat bergabung dengan Partai Golkar. Selain menjadi politisi, ia juga dikenal sebagai seorang pengusaha dan aktif di bidang sosial.

Sudah banyak prestasi yang ditorehkan, antara lain Women of The Year 2011 versi Majalah Marketeers, Anugerah Perempuan Indonesia dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada tahun 2013, Kabupaten Peduli HAM pada tahun 2014 dan 2015.

Figur Elly Lasut pun patut diperhitungkan, ayah dari Hillary Brigitta Lasut ini adalah Bupati Kepulauan Talaud 3 periode yakni 2004—2009, 2009—2010 dan 2020—2023.

Dirinya juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kepulauan Talaud periode 2003—2004.

Prestasi yang ditorehkan pun tak main-main, diantaranya penghargaan dari Internasional Human Resources Development Program (IHRDP) Foundation sebagai Putra Sulut Berprestasi karena dedikasi dan prestasi dalam melaksanakan tugas sebagai kepala Daerah tahun 2022, masuk nominasi kepala daerah inovatif dalam ajang yang digelar MNC Group tahun 2022, Pembangunan Kawasan Mane’e, pembangunan Depot Minyak, pembaharuan Pelabuhan Feri dan pengiriman anak muda kerja ke jepang.

Menurut Indra Wongkar selaku Pengamat Politik, bahwa pada perhelatan Pilkada 2024 nanti semoga tak ada saling jegal menjegal untuk merebut kursi DB 1.

Dalam pandangannya, untuk konteks Pilgub Sulut banyak figur yang layak digadang dengan segenap kompetensi yang ada.

“Para figur yang hendak ditampilkan adalah mereka yang memiliki kompetensi, serta yang tak kalah penting adalah sikap yang populis, dalam artian telah merakyat. Semoga tidak ada saling jegal menjegal,” jelasnya.

Sebagai warga sulut, dirinya yakin semua figur yang diusulkan merupakan yang terbaik.

“Yang disodorkan pasti kandidat yang terbaik. Tapi yang terbaik dari yang terbaik,” tutupnya.
(Steven Rapar)

No More Posts Available.

No more pages to load.