OD-SK Komitmen Bawa Sulut Bebas Pasung

by -696 views

 

Minahasa,Pacificnews.id-.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi menargetkan daerah yang berjuluk Nyiur Melambai “Bebas Pasung”.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kadinkes Provinsi Sulut dr Debie KR Kalalo MSC PH didampingi Direktur RSJ Prov Dr VL Ratumbuysang dr Samuel AR Malingkas Sp M (K).

Pernyataan tersebut dilontarkan Kadinkes Debie usai sidak yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr VL Ratumbuysang di Desa Kalasey, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Senin (8/5/2023) siang.

Baca juga:  Rita Tamuntuan Ajak TP PKK Sulut Dukung Program Hemat Energi

Debie menjelaskan bahwa kunjungan mendadak yang dilakukan oleh Wagub Kandouw merupakan perhatian serius pemerintah kepada pasien yang mengalami ganggguan kejiwaan agar bisa segera pulih dan berkumpul bersama keluarga.

“Kunjungan pak wagub tadi sebagai komitmen Pemprov Sulut dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan jiwa di Sulut,” jelasnya.

Debie menambahkan perlu nantinya bersama masyarakat untuk dapat mensuport pelayanan pemerintah dalam sektor kesehatan.

“Bukan cuma kuratif, tapi memajukan pelayanan jiwa di kabupaten dan kota di Sulut. Salah satu target provinsi yaitu bebas pasung secepatnya direalisasikan,” tambahnya.

Baca juga:  Ibadah Pra Natal JIPS: Kasih Menembus Perbedaan

Sementara itu Direktur RSJ Prov Dr VL Ratumbuysang dr Samuel AR Malingkas Sp M (K) memaparkan soal kondisi rumah sakit yang semakin hari mengalami kemajuan dari segi peralatan untuk menunjang kinerja tenaga medis.

Contohnya kata Samuel, persedian tempat tidur bagi pasien jiwa yang ditunjang Pemprov Sulut telah melebihi kapasitas pasien.

“Secara umum tadi sudah dipaparkan, memang untuk kebutuhan tempat tidur kita yang disediakan oleh Pemprov Sulut ada 204 tempat tidur sekarang sudah terlayani,” papar Samuel.

Samuel turut mengapresiasi peran Pemprov Sulut dalam memajukan pelayanan kesehatan di RSJ Ratumbuyang. Hal ini menurutnya sangat penting karena dengan demikian seluruh pelayanan kesehatan jiwa sudah memadai dan siap menampung pasien-pasien dari semua kabupaten/kota di Sulut.
(***/stvn)

Baca juga:  Dukung Program Marijo Ba Kobong, Steven Kandouw Panen Jagung di Tondano Minahasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.