Pemprov Sulut Beri Solusi Bagi Naker yang Belum Miliki Paspor

by -1,074 views

Gubernur Sulut Olly Dondokambey 

Manado,Pacificnews.id-.Pemprov Sulut komitmen dalam membangun Tanah Nyiur Melambai di berbagai sektor. Salah satunya sektor tenaga kerja, khususnya tenaga kerja yang siap bekerja di luar negeri.

Untuk tenaga kerja anak muda pemerintah latih terus supaya bisa bekerja di Jepang. Target pemerintah setiap tahun 1.006 bisa kerja ke Jepang.

Hal ini dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-89 Jemaat GMIM Baitani Kopiwangker, Wilayah Langowan IV, Minggu (8/10/2023) tadi.

Dalam kesempatan tersebut, Olly Dondokambey siap membantu pembiayaan paspor tenaga kerja.

Baca juga:  Esok, OD-SK Rolling Kabinet

“Nanti orangtua kalau belum ada uang urus pasport nanti dibantu bank SulutGo. Kalau sudah dapat gaji di Jepang baru bisa dipotong supaya masyarakat bisa merasakan kehadiran banksulutgo,” ujarnya.

“Anak anak sekolah diharapkan masuk SMK. Karena di Jepang dibutuhkan tenaga pertanian. Mereka suka tenaga pertanian dari Sulut karena rajin bekerja. Ini program pemerintah menyiapkan tenaga kerja. Karena itu angkatan kerja di Sulut setiap tahun berkurang,” katanya.

Gubernur juga meminta kalau berangkat kerja ke luar negeri jangan asal terima telepon, lebih baik tanya di Disnakertrans Provinsi Sulut. Karena pemerintah menyiapkan dan mendidik anak-anak agar bisa bekerja keluar negeri.

Baca juga:  Bocoran 5 Nama Penjabat Bupati dan Walikota di Sulut yang Siap Dilantik Esok

“Setelah tenaga kerja pertanian, pemerintah juga akan menyiapkan tenaga perawat di kirim ke Jepang. Karena tenaga kerja di Jepang sedikit dikarenakan kelahiran anak juga sedikit,” ungkapnya.

Gubernur juga membeber data BPS pertumbuhan penduduk di Sulut sangat lambat. Ini sangat berbabahaya. Karena anak-anak Sulut sudah mulai sedikit. “Karena itu bagi anak anak mudah jangan takut untuk menambah anak. Karena pemerintah sudah siapkan program kesehatan gratis lewat BPJS kesehatan dan pendidikan gratis,” ungkapnya.

Selain itu, gubernur menambahkan, Tahun depan pemerintah akan melakukan revitalisasi Pasar Langowan. Jangan ada yang memprovokasi tahun depan. Karena tahun politik.

Baca juga:  Lantik Pejabat Bupati Bolmong Yang Baru, Gubernur Olly Ingatkan Bekerja Sesuai Amanat Undang-undang

“Sebab pemerintah akan menata kembali Pasar Langowan lebih bagus. Persatuan dan Mapalus harus torang jaga. Supaya kedepan Sulut tambah maju dan hebat. Torang saling jaga karena rorang semua ciptaan Tuhan,” pungkasnya. Setelah itu, Gubernur Olly memberikan bibit cabe dan jagung kepada jemaat.
(Stvn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.