Peringatan HUT ke-58 Sulut, OD-SK Mampu Merajut Tantangan Jadi Peluang

by -524 views

 

Manado,Pacificnews.id-.Dipuncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-58 yang berlangsung di Lapangan Kantor Gubernur, Jumat (23/09/2022) pagi, Gubernur Olly Dondokambey selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam sambutanya mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta mengungkapkan berbagai hal penting yang terkait dengan kondisi perkembangan hingga pencapaian yang terjadi di Bumi Nyiur Melambai saat ini.
Mulai dari capaian perekonomian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), perubahan pasca pandemi, hingga sektor pembangunan baik yang berskala lokal maupun nasional di Sulut.

Pada kesempatan itu Gubernur Olly pun mengakui, berkat kebersamaan yang kuat, Sulut mampu merajut tantangan menjadi peluang, bahkan menjadi kekuatan bagi pembangunan daerah. Kebersamaan antara pemerintah, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) beserta masyarakat, menjadi pondasi penting kekuatan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dimana hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam melewati masa pandemi, serta mengajak kepada seluruh warga Sulawesi Utara untuk selalu bersyukur yang hingga saat ini masih bisa merayakan HUT ke-58 dengan penuh sukacita.
“HUT Provinsi Sulut merupakan momentum refleksi terhadap jasa pemimpin Sulut terdahulu serta perjuangan bersama dalam melewati badai pandemi Covid-19. Itu kita buktikan saat kondisi pandemi Covid-19 yang lalu. Kita dapat bersama mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, serta mendukung program vaksinasi baik tahap 1, tahap 2 dan jenis vaksinasi Booster. Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, TNI/Polri yang terlibat aktif mewujudkan keamanan dan ketertiban di Bumi Nyiur Melambai,” terang gubernur.
“Berbagai capaian prestasi bisa kita peroleh. Pembangunan rumah sakit dan sejumlah infrastruktur hingga menambah jalur ekspor. Semua ini karena sinergitas yang solid,” ungkapnya sembari menambahkan bahwa selain itu, dalam situasi pandemi, Pemprov Sulut mendorong Program Marijo Ba Kobong pada sektor pertanian dan perkebunan, dan percepatan digitalisasi pada kegiatan-kegiatan ekonomi, peningkatan kelas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan banyak lagi.
Gubernur juga membeberkan capaian positif daerah Bumi Nyiur Melambai di usia ke-58 tahun ini. Dimana, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut berada pada angka 73,30. Indeks Kebahagiaan 74,96, dan tercatat sebagai provinsi kelima dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia. Perekonomian Sulut di triwulan ke-2 tahun 2022 berhasil bertumbuh 5,93%, dan berada di atas rata-rata nasional yakni 5,44%. Inflasi di Sulawesi Utara tetap terkendali dengan angka 3,84 dan masih menjadi paling rendah se-pulau Sulawesi.
“Kita boleh membangun infrastruktur kesehatan, yakni tiga rumah sakit baru yaitu RSUD ODSK, RSJ Ratumbuysang dan RS Khusus Mata. Pemprov Sulut juga tetap optimal mendukung program prioritas nasional, seperti pembangunan Tol Manado-Bitung yang diresmikan di masa pandemi, dan menjadi jalan tol pertama di Sulut dan terpanjang di Pulau Sulawesi,” jelas mantan legislator senayan itu.
Gubernur Olly bersyukur inflasi di Provinsi Sulut masih terkendali dan mendapat apresiasi dari presiden.
“Terima kasih kepada Wakil Gubernur Steven Kandouw yang telah berdialog langsung dengan bapak presiden dan menjelaskan pertumbuhan ekonomi kita dengan baik. Terima kasih atas kebersamaan masyarakat Sulut selama ini yang telah satu visi bersama pemerintah melaksanakan pembangunan daerah,”
Upacara ini turut diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Sulut, dr Kartika Devi Tanos, para kepala daerah dan wakilnya se Provinsi Sulut, pejabat pemerintah, hadir pula Miss Indonesia 2022 asal Sulut, Audrey Vanessa.
(***/stvn)

Baca juga:  Bentuk Kepedulian, Wagub Steven Kandouw Beri Bantuan Korban Kebakaran di Kampung Kodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.