Peringati Hari Juang Kartika ke-76, Pangdam XIII/Merdeka Ziarah di Makam Pahlawan Tuanku Imam Bonjol

by -562 views

 

Pacificnews.id-.Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M.Si memimpin Ziarah rombongan ke makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol, Jumat (3/12/2021) di Minahasa.

Dalam rangka Hari Juang Kartika Ke-76 tahun 2021 Kodam XIII/Merdeka yang pimpin oleh PangdamXIII/Merdeka melaksanakan ziarah rombongan ke Makam Tuanku Imam Bonjol bertujuan untuk mengenang pahlawan seorang Ulama pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan Perang Padri tahun 1803–1838.

Tuanku Imam Bonjol merupakan Pejuang yang di asingkan oleh pemerintah Belanda dan membuangnya sejauh mungkin dari kampung halamannya.

Baca juga:  Kapolri Pastikan TNI-Polri Beri Rasa Aman Sepanjang Nataru

Tuanku Imam Bonjol lahir di Tanjung Bungo Bonjol, Sumatera Barat pada tahun 1774 dan wafat dalam pengasingannya di Minahasa pada tanggal 6 November 1854.

Pelaksanaan Ziarah diawali dengan  penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletakkan karangan bunga secara simbolis oleh Pangdam XIII/Merdeka. Dilanjutkan tabur bunga ke makam Pahlawan Tuanku Imam Bonjol.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M.Si dalam ziarahnya mengatakan ziarah ini adalah salah satu kegiatan untuk mengenang Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol.

“Moment ini harus kita jaga terus, tentunya ini akan bisa membangkitkan semangat patriotisme, nasionalisme dalam meneruskan perjuangan Pahlawan yg di berikan kepada Masyarakat khusunya dan terhadap NKRI umumnya,” ujarnya.
(*pn)

Baca juga:  Terima Kedatangan Pangdam XIII Merdeka, Steve Kepel: Diharapkan Sinergitas Semakin Baik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.