Praktik Ramah Lingkungan: Kader Adiwiyata SDN 2 Motoboi Kecil Membuat Lubang Biopori di Halaman Sekolah

by -569 views
Inovasi Lingkungan: Kader Adiwiyata SDN 2 Motoboi Kecil Membuat Lubang Biopori dalam Mendukung Program Adiwiyata

Pacificnews.id, Kotamobagu – Komitmen terhadap lingkungan adalah salah satu prinsip utama dari Program Adiwiyata, dan kader Adiwiyata dari SDN 2 Motoboi Kecil telah menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap hal ini.

Dengan tujuan menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, mereka mengambil langkah kreatif dengan membuat lubang biopori di halaman sekolah.

Lubang biopori adalah lubang berdiameter kecil yang digali di tanah untuk meningkatkan perkolasi air.

Proses ini membantu mengurangi genangan air, menghindari banjir, dan memperbaiki kualitas tanah. Dalam konteks sekolah, lubang biopori menjadi sarana praktis untuk mengelola air hujan dan mengoptimalkan penyerapan air tanah.

Baca juga:  Empat Pelaku Penganiayaan di Tempat Hiburan di Kotamobagu Diamankan Polisi

Kader Adiwiyata SDN 2 Motoboi Kecil memahami pentingnya lubang biopori dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Mereka menggali lubang biopori di halaman sekolah dengan jarak yang tepat, menggunakan peralatan sederhana, dan melibatkan partisipasi aktif seluruh siswa.

Proses ini tidak hanya mengajarkan mereka tentang manfaat lubang biopori, tetapi juga memberikan pengalaman praktis dalam upaya pelestarian lingkungan.

Keunikan dari inisiatif ini terletak pada kesadaran dan pemahaman yang dimiliki oleh kader Adiwiyata SDN 2 Motoboi Kecil.

Mereka mengambil langkah konkret dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip Adiwiyata dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Baca juga:  DPW Prov Sulut Kunker Sekaligus Silahturahmi Idul Fitri ke DPW Kotamobagu

Dengan membuat lubang biopori, mereka secara aktif berpartisipasi dalam siklus alami air tanah dan membantu mencegah dampak negatif seperti genangan air dan pencemaran lingkungan.

Langkah kader Adiwiyata SDN 2 Motoboi Kecil ini juga menjadi contoh inspiratif bagi sekolah-sekolah lain dan masyarakat umum.

Dengan mengadopsi praktik lubang biopori, kita dapat memaksimalkan potensi lingkungan di sekitar kita dan berkontribusi pada upaya pelestarian alam.

Memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh Program Adiwiyata, kader Adiwiyata SDN 2 Motoboi Kecil telah menunjukkan komitmen mereka terhadap lingkungan melalui langkah konkret.

Baca juga:  Memanfaatkan Kemasan Minyak Kelapa Bekas, Kader Adiwiyata SDN I Molinow Mendukung Program Adiwiyata dengan Inovasi Pembibitan Tanaman

Lubang biopori yang mereka ciptakan adalah contoh nyata dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan. (Dv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.