Sambut Program Adiwiyata: SDN 2 Motoboi Kecil Ciptakan Green House Keren dari Sampah Botol Plastik Berwarna

by -991 views
Mengubah Sampah Menjadi Karya: SDN 2 Motoboi Kecil Ciptakan Green House Cantik dari Botol Plastik untuk Program Adiwiyata

Pacificnews.id, Kotamobagu – Siswa dan Guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Motoboi Kecil, telah menciptakan kejutan dengan inisiatif yang unik dan ramah lingkungan.

SDN 2 Motoboi Kecil, mengambil langkah-langkah kreatif dalam menyambut Program Adiwiyata.

Salah satu keunikan mereka adalah menciptakan green house menggunakan sampah botol plastik yang telah diwarnai.

Green house, atau rumah kaca, sering digunakan dalam pertanian untuk memberikan lingkungan yang optimal bagi tanaman.

Namun, SDN 2 Motoboi Kecil telah melampaui harapan dengan memanfaatkan sampah botol plastik yang sebelumnya menjadi masalah lingkungan sebagai bahan utama dalam pembuatan green house mereka.

Baca juga:  Lalai Cabut Kunci, Motor Raib

Melalui kerjasama antara siswa kader Adiwiyata, guru, dan wali murid, mereka mengumpulkan botol plastik bekas.

Setelah mengumpulkan jumlah yang cukup, mereka membersihkan dan mencat botol-botel tersebut dengan warna-warni yang cerah.

Hasilnya adalah kumpulan botol plastik yang menarik dan mencolok, yang menjadi bahan dasar green house mereka.

Proses pembuatan green house ini melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan edukatif. Mereka belajar tentang pentingnya daur ulang, upaya pengurangan sampah plastik, dan bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam merancang dan membangun green house, sehingga mereka bisa merasakan kebanggaan melihat hasil karya mereka sendiri.

Baca juga:  Inovasi di Sekolah ! SMPN 4 Kotamobagu Sukses dengan Budidaya Aquaponik

Green house yang terbuat dari sampah botol plastik ini memiliki manfaat yang beragam. Pertama, ini merupakan solusi kreatif untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang akhirnya mencemari lingkungan.

Dengan memanfaatkan botol plastik yang sebelumnya tidak berguna, SDN 2 Motoboi Kecil telah menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan indah.

Selain itu, green house ini juga memiliki keuntungan dalam pertanian. Botol plastik yang tersusun secara rapi dan diatur dengan baik memberikan perlindungan bagi tanaman dari hama dan cuaca ekstrem.

Dengan program Adiwiyata sebagai panduan, mari kita sambut inovasi-inovasi seperti ini dan terus bergerak maju dalam upaya kita menjaga bumi kita tetap indah dan lestari. (Dv)

Baca juga:  Eks Gedung UDK jadi Kantor Sementara Polres Kotamobagu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.