Upaya Kebersihan Lingkungan: Siswa SDN 1 Kotamobagu Rajin Mengompos Sampah Sekolah

by -501 views
Kabid Penataan Dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup. DLH Kotamobagu Irwan Paputungan, S.Pd, M.Si sementara mendengar penjelasan Siswa SDN 1 Kotamobagu di tempat pengomposan sampah disela-sela kegiatan Sekolah Adiwiyata, Selasa 20 Juni 2023 (Foto : pacificnews.id)

Pacifinews.id, Kotamobagu –Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu memberikan penghargaan kepada siswa SDN 1 Kotamobagu atas upaya mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui pengomposan sampah di sekolah.

Pengomposan sampah dalam mengimplementasikan program Sekolah Adiwiyata  merupakan salah satu metode yang efektif dalam mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir.

Di SDN 1 Kotamobagu, siswa-siswa telah mempraktikkan pengomposan dengan memanfaatkan sampah organik seperti sisa makanan dan daun kering.

Dalam proses pengomposan, siswa dibimbing oleh guru-guru untuk memahami prinsip-prinsip dasar pengomposan, seperti memilih bahan organik yang tepat, menjaga kelembaban kompos, dan memperhatikan proporsi campuran.

Baca juga:  Ribuan Warga BMR Tumpah Ruah saat Jalan Sehat Bersama Steven Kandouw di Kotamobagu

Kegiatan ini juga melibatkan kepala sekolah sebagai bentuk dukungan penuh terhadap upaya menjaga kebersihan lingkungan di sekolah.

Dengan melakukan pengomposan sampah, siswa SDN 1 Kotamobagu tidak hanya mengurangi jumlah sampah yang harus dibuang, tetapi juga menghasilkan kompos yang berguna sebagai pupuk organik untuk taman dan kebun sekolah.

Ini adalah langkah yang positif dalam mengajarkan siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Upaya mereka merupakan contoh nyata bahwa anak-anak juga dapat berperan aktif dalam melindungi alam sekitar.

Semoga kegiatan pengomposan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan praktik yang serupa. (Dv)

Baca juga:  Dipicu Cemburu, Pelaku Tikam Korban Pakai Kunci Kontak Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.